Pulau Tidung Besar merupakan Pulau terbesar dan terpanjang yang ada di kepulauan seribu. Dengan lebar sekitar 200 M dan panjang 5 KM, Tidung layak mendapat julukan besar. Sebetulnya, pemberian nama pulau tidung besar merujuk kepada pulau tidung kecil, dimana PulauTidung terdiri dari dua buah pulau yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil. Dua Pulau ini berada dalam satu lingkaran gugusan karang ( atol ), yang di hubungkan oleh jembatan cinta, dengan panjang sekitar 800 m berdiri kokoh di atas laut, jembatan ini di jadikan sebagai ajang uji nyali oleh para wisatawan yang berkunjung.

 

gedung sekolah smk pulau tidung berlokasi di tanjungan timur.

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung terletak di ujung timur pulau tidung besar dan ujung barat tidung kecil, selain sebagai penghubung kedua pulau tersebut, jembatan cinta telah menjadi icon wisata pulau tidung. Jembatan yang cukup tinggi, berdiri di atas cekungan laut ( laguna), dimana banyak para wisatawan yang menjadikan jembatan cinta ini sebagai ajang uji keberanian, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa mencobanya. Di penghujung jembatan cinta menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pembibitan mangrove dengan sedikit hutan, sangat cantik untuk ditelusuri dengan berjalan kaki, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang di sepanjang jalan dan pantai dengan pasir putihnya yang lembut.


Perekonomian

Perekonomian Penduduk Pulau Tidung semakin meningkat sejak adanya wisatawan yang banyak melibatkan semua pihak mulai dari Ibu rumah tangga, anak muda,para aparat pemerintah, karang taruna, hingga semua lapisan masyarakat turut terlibat dalam kegiatan wisata ini. Guna membangun sebuah wisata rakyat yang menguntungkan bagi semua pihak, Pulau tidung besar juga memiliki sarana yang cukup lengkap antara lain, kantor kelurahan, kantor polisi, puskesmas, sekolah, masjid dan sarana transportasi yang cukup memadai.

 

Wahana Bermain

 

Wahana permainan terpusat di ujung timur Pulau Tidung, dimana lokasi jembatan cinta berada disitu juga. Berbagai macam wahana permainan yang ada di ujung timur Pulau Tidung seperti, banana bout, water sofa, cano, angsa laut, jetsky dan lainnya. Harga dari setiap permainan berbeda tergantung dari jenis permainannya, dari mulai harga Rp 35000 hingga ratusan ribu rupiah. Bagi yang ingin mencoba untuk melompat dari atas jembatan cinta di harapkan untuk berhati- hati, karna Jembatan cinta merupakan lintasan banana bout.